Urband Legend dari Sulawesi selatan: Hantu Sumiati

Di Mitos, Tamu Penulis 1475 views

Urband Legend dari Sulawesi selatan: Hantu Sumiati – Kisah Setan Sumiati telah melegenda di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan. Urban legend ini mulai tersohor sekitar tahun 1980-1999 yang menggambarkan sosok hantu wanita berwajah menyeramkan yang konon kerap muncul di malam hari dan meneror laki-laki berbaju merah.

Mengapa Sumiati meneror pria berbaju merah? Salah satu versi menceritakan begini, Sumiati adalah sosok gadis berparas cantik yang digilai banyak lelaki. Dia bukan warga kota Makassar, melainkan seorang perantau yang tidak dijelaskan asal daerahnya, datang ke Kota Makassar untuk mencari pekerjaan.

Selama tinggal di Makassar, Sumiati tinggal seorang diri. Hingga suatu malam kejadian buruk menimpanya. Sumiati diperkosa segerombolan pria yang tidak dikenal. Tak satupun dari para pelaku pemerkosa itu yang dikenali oleh Sumiati. Satu yang ada lama ingatannya bahwa salah satu pelaku pemerkosa itu mengenakan baju berwarna merah.

setan

Pihak kepolisian pun kala itu tak berhasil mengungkap para pelau pemerkosa Sumiati. Hingga suatu ketika, karena tak kuat menanggung malu, Sumiati memutuskan mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di kawasan Fort Rotterdam. Mayat Sumiati baru ditemukan oleh warga sekitar setelah beberapa hari kematian gadis malang itu.

Teror pun dimulai. Mendadak dari mulut ke mulut tersiar kabar tentang sosok hantu wanita yang diduga Sumiati kerap muncul di malam hari mencari laki-laki berbaju merah hendak menuntaskan dendamnya. Kala itu Kota Makassar terasa mencekam di malam hari. Para pria merasa was-was keluar malam lantaran takut manjadi korban pembalasan arwah Sumiati.

Dikisahkan bahwa saat Sumiati muncul mengenakan baju putih, itu artinya Sumiati tidak akan memakan korban tetapi hanya menakut-nakuti saja. Lain halnya jika sosok hantu Sumiati datang mengenakan baju berwarna merah, maka bersiaplah menghadapi amarahnya yang bisa membunuh lelaki berbaju merah yang berhasil ditemuinya.

Begitulah kisah singkat tentang urban legend dari Sulawesi Selatan yang sempat menggegerkan warga Kota Makassar di tahun 90an. Hingga kini cerita tentang Sumiati masih melekat dan menjadi bagian dari cerita horor yang masih kerap diceritakan oleh orang-orang tua kepada anaknya, entah sekedar menakuti agar anak-anaknya  lebih mawas diri jika keluar rumah di malam hari.

Sumber: Republikpos.com

Tags: #Mitos

author
Penulis: 
    Ini dia Alasan Bambu Petuk Banyak Dicari Sebagai Jimat
    Ini dia Alasan Bambu Petuk Banyak Dicari Sebagai Jimat
    Alasan bambu petuk banyak dicari – Siapa juga
    Inilah 4 Jenis Penyakit Sumber Malapetaka
    Inilah 4 Jenis Penyakit Sumber Malapetaka
    4 Jenis Penyakit Sumber Malapetaka– Tahukah Anda?,
    Aksesoris Unik Taring Babi Papua
    Aksesoris Unik Taring Babi Papua
    Adshuda.com – Sebagian orang sangat menyukai barang
    Review Pendaftaran Lama?, Coba Pakai Solusi Ini
    Review Pendaftaran Lama?, Coba Pakai Solusi Ini
    Review Pendaftaran Lama?, Coba Pakai Solusi Ini
    Baca Juga×

    Top