Adat Bakar Batu 17 Ekor Daging Babi di Mimika

Di Daerah 91 views

Mimika- Adat, Bakar Batu 17 Ekor Daging Babi di Mimika. Mimika – Istilah bakar batu mungkin hanya ada di Papua. Proses bakar cukup sederhana dan unik. Istilah bakar batu karena memang semua bahan entah itu sayur sayuran, daging ataupun ikan semua dimasak dengan cara dibakar. J
Hasil dari olahan bakar batu inipun bersih dari arang dan bau asap.

Persiapan bakar batu, proses pertama adalah menggali tanah dengan kedalaman sesuai bahan yang mau dimasak. Semakin banyak bahan yang dimasak maka semakin dalam dan lebar.

Kedua mengumpulkan batu, batu ini nantinya dimasukan kedalam lobang yang sudah digali tadi. Namun sebelum dimasukan kelubang batu tersebut terlebih dahulu di bakar hingga mencapai panas maksimum, membara berwarna merah. Setelah batu susah panas membara, satu persatu batu diambil menggunakan alat kayu penjepit untuk mengambil. Setelah batu terkait lalu dilemparlah ke dalam lobang tanah yang sudah dipersiapkan tadi. Batu ini juga disusun dengan membentuk seperti wajan penggorengan, melengkung kedalam. Setelah batunya dianggap cukup kemudian diatas batu ditaruhlah daun pisang secara rapi dan menutupi seluruh batu tadi.

Kenudian bahan masakan seperti daging, ikan, keladi dan lainnya dimasukan kedalamnya. Setelah tertata rapi kemudian bagian atas kembali ditutupi dauan pisang dilanjut dengan penutupan dengan batu yang sudah dibakar.

Berapa lama proses pembakaran ini tergantung ukuran bahan yang dibakar, semakin sedikit yang dibakar maka semakin cepat prosesnya dan sebaliknya semakin banyak yang dibakar maka semakin lama waktu prosesnya.

Tags: #adat papua #Bakar batu

author
Penulis: 
Seorang yang biasa dan baru mengenal dunia Internet. Jadikan media sebagai informasi yang bisa membawa manfaat. Silahkan bagikan ke sahabat, kerabat Anda jika artikel diatas ada manfa'atnya.
Mantap Emas Murni Ini Hasil Dulang di Area PT. Freeport Indonesia
Mantap Emas Murni Ini Hasil Dulang di Area PT. Freeport Indonesia
Timika. Sejak lama di Mimika terdapat limbah
Aksi Reog Ponorogo di Ulang Tahun KKJB Timika
Aksi Reog Ponorogo di Ulang Tahun KKJB Timika
Timika. Gebyar ulang tahun KkJB ke dua
Memori Ulang Tahun KKJB ke 2 di Timika
Memori Ulang Tahun KKJB ke 2 di Timika
Timika. KKJB kepanjangan dari Kerukunan Keluarga Jawa
Baca Juga×

Top