Cara Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga

Adshuda.com - Hal yang umum dialami oleh keluarga muda yang baru menjalani kehidupan berumah tangga adalah masalah keuangan.

Masalah keuangan tidak disebabkan oleh besar kecilnya pendapatan keluarga, tetapi disebabkan oleh kebiasaan yang salah dalam mengelola keuangan keluarga.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara mengelola keuangan keluarga,  berikut ini Tips mengelola keuangan keluarga.

Cara Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga

1. Hindari hutang

Godaan untuk memiliki barang-barang terbaru semakin besar. Tapi Anda jangan membeli barang dengan kredit maupun hutang. Mulai membiasakan menjaga keuangan dengan tidak memiliki hutang.

2. Portofolio Keuangan Keluarga

Anda harus memahami portofolio keuangan keluarga Anda, jangan sampai Anda tidak mengetahui uang tabungan, uang tagihan listrik, servis mobil. belanja dan sebagainya. Anda harus tahu hutang kartu kredit, cicilan mobil atau motor.

3. Pikirkan antara Butuh dan Ingin

Kerap kita membelikan suatu barang karena hanya didasari oleh keinginan saja, bukan kebutuhan keluarga.

Mulai dengan membuat tabel daftar barang yang termasuk kebutuhan atau keinginan. Pertimbangkan benda tersebut perlu dipenuhi atau tidak.

4. Menabung

Setelah menerima gaji, sisihkan uang untuk ditabung dengan jumlah yang telah Anda rencanakan untuk mencapai tujuan finansial.

Anda disarankan untuk memisahkan rekening untuk tabungan dan rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Berinvestasi

Dalam mengelola keuangan, Anda tidak hanya menabung saja untuk mencapai cita-cita keluarga.

Anda juga harus memikirkan untuk memulai berinvestasi. Jangan takut dengan resiko investasi, bicara pada ahli keuangan handal.

Ya itulah cara sederhana mengelola keuangan keluarga. Bagi Anda yang ingin selalu menjaga keuangan keluarga Anda tetap stabil, lakukan tips diatas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel