Cara Mengatasi Anak yang Mulai Berbohong

Mengatasi Anak yang Mulai Berbohong - Apa sih yang mendorong anak untuk berkata tidak jujur? Bagi para orang tua mungkin adalah hal yang sulit untuk mengatasi anak yang sudah mulai berbohong, tetapi perlu diketahui apa penyebabnya anak berbohong.

Anak yang berbohong bukan karena ia merasa terancam atau panik, melainkan karena anak-anak memiliki dunia khayal yang luas dan berbohong merupakan hal yang normal dari perkembangan berpikir sang anak.

Tetapi bukan berarti kebohongan kecil tersebut dapat dibiarkan begitu saja, orang tua tentu perlu mengawasi dan mencari tahu cara mengatasinya.

   Mungkin beberapa tips ini dapat membantu orang tua mengetahui alasan mengapa sang anak berbohong, berikut tipsnya: 
      -          Jelaskan tentang kejujuran, hal ini sangat penting untuk disampaikan orang tua kepada anaknya yang masih belum mengerti tentang kejujuran. 
-          Tidak berlebihan, dalam menghadapi anak-anak yang mulai bohong memang perlu strategi tetapi jangan sesekali menghukumnya secara berlebihan karena akan membuat anak semakin takut mengakui kesalahannya dikemudian hari. 
-          Jangan bertanya, anda tidak perlu bertanya kepada anak anda yang berbohong jika anda sudah mengetahui jawabannya, biarkan ia mengakui kesalahannya sendiri dengan menjelaskan dengan tenang mengapa kejujuran itu penting. 
-          Jangan memaksa untuk jujur, anak-anak memang unik, mereka memiliki cara-cara yang ekspresif. Mereka tidak tahu kebohongan yang mereka lakukan adalah suatu kesalahan, tetapi jangan memaksanya untuk mengatakan semuanya dengan jujur ketika ia mulai berbonong. 
    Biarkan ia belajar mengakui kesalahannya dengan menerangkan antara kebohongan dengan kejujuran meskipun mereka belum paham. 
-          Memuji kejujurannya, ketika anak anda mulai berkata jujur dan mengakui kesalahannya maka berikanlah ia sebuah pujian kecil yang membuatnya merasa betapa indahnya jujur.


Nah, itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada para orang tua yang mendapati kesulitan mengatasi anak-anak yang berbohong, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Anak yang Mulai Berbohong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel